5 tips untuk menjaga kesehatan saat sedang dalam masa kehamilan

Calon ibu sering bertanya apa yang bisa mereka lakukan untuk memberi bayi mereka awal yang terbaik. Seperti salah satunya adalah pemilihan susu yang tepat saya merekomendasikan susu Anmum Indonesia Berikut adalah beberapa tip sederhana yang akan bermanfaat bagi bayi Anda dan Anda.

Makan makanan yang sehat

Upayakan diet yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein setiap kali makan dan untuk camilan sehat.

Perubahan pola makan lain yang penting untuk kehamilan meliputi:

  • Dua kali makan ikan per minggu dapat memberikan asam lemak esensial, yang disebut omega, yang berkontribusi pada perkembangan otak yang sehat untuk bayi Anda yang sedang tumbuh.
  • Makan makanan yang diperkaya adalah cara yang baik untuk menambahkan nutrisi tambahan.
  • Makan banyak serat dan minum enam, delapan gelas air setiap hari dapat mencegah sembelit, yang umum terjadi pada kehamilan.
  • Hindari daging, keju lunak, dan daging mentah atau setengah matang, karena makanan ini dapat mengandung bakteri yang dapat berbahaya bagi kehamilan.
  • Tidak ada jumlah alkohol yang aman selama kehamilan, jadi itu harus dihindari.

Berolahraga secara teratur

Olahraga aman dan dianjurkan selama kehamilan, kecuali jika Anda disarankan sebaliknya oleh penyedia Anda. Latihan memperkuat otot dan jantung Anda, meningkatkan berat badan yang sehat selama kehamilan, mengelola stres, membantu tidur, meredakan sakit punggung dan ketidaknyamanan kehamilan, dan mempersiapkan tubuh Anda untuk persalinan. Disarankan ibu hamil berolahraga 150 menit setiap minggu, dibagi menjadi 10 – 30 menit latihan. Beberapa aktivitas hebat yang perlu dipertimbangkan adalah berjalan kaki, bersepeda stasioner, berenang, menari, dan yoga. Aktivitas berisiko tinggi seperti sky diving, olahraga kontak, dan yoga panas harus dihindari. Ingatlah untuk minum banyak air saat berolahraga.

Pertahankan hubungan sosial

Penelitian telah membuktikan bahwa memiliki dukungan keluarga dan sosial yang kuat selama kehamilan memiliki efek perlindungan pada suasana hati dan sangat membantu dalam mencegah depresi pascapersalinan. Contoh cara untuk terhubung termasuk menjangkau keluarga dan teman, mengikuti kelas pendidikan pranatal, atau bergabung dengan kelompok untuk berolahraga seperti kelas yoga prenatal.

Kunjungi dokter gigi Anda secara teratur

Kesehatan gigi yang buruk dapat berdampak negatif pada kehamilan Anda karena hormon kehamilan dapat menyebabkan perubahan pada gusi, yang berkontribusi pada penyakit periodontal. Wanita hamil harus terus menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, menggunakan benang gigi sekali sehari, dan mengunjungi dokter gigi dua kali setahun untuk pembersihan rutin. Jika diperlukan, rontgen gigi dan anestesi lokal aman dilakukan pada kehamilan, dan prosedur yang diperlukan seperti penambalan atau saluran akar tidak boleh ditunda.

Pantau obat dan paparan

Meskipun banyak obat dan suplemen yang aman selama kehamilan, Anda harus selalu berkonsultasi dengan penyedia Anda sebelum mengambil obat bebas atau persiapan herbal. Selain itu, sumber yang bagus selama kehamilan dan menyusui jika Anda memiliki kekhawatiran tentang paparan lain, seperti bahan kimia yang digunakan di rumah tangga atau lingkungan kerja Anda.